Cantik tak perlu mahal

kecantikan http://www.cooldesak.com

Banyak orang yang mengatakan bahwa untuk cantik itu mahal. Siapa bilang? Bagi sebagian banyak orang (terutama yang mampu dari sisi finansial) bisa jadi, untuk merawat kulit wajah saja mereka berani mengeluarkan anggaran fantastik setiap bulannya, apalagi untuk merubah wajah maupun tubuh mereka.

Sudah kita ketahui bersama bahwa Kecantikan tidak hanya melulu dilihat dari sisi fisikal (outer beauty), justru yang terpenting adalah inner beauty. Jadi mengapa harus repot-repot mempermak wajah & tubuh dan merubah warna kulit? Apapun kita, bagaimanapun bentuk hidung, mata dan bibir kita, apapun warna kulit kita, berapapun ukuran  (maaf) dada dan bokong kita, syukurilah karena Allah telah memberikan yang terbaik bagi kita, memberikan yang terpantas bagi kita. Tidak jarang kita lihat orang-orang yang telah mempermak wajah dan tubuhnya namun hasil “buatan tangan” manusia malah memperburuk tampilan yang ada, sehingga bukan cantik yang didapat namun wajah aneh yang muncul. Lalu bagaimana dengan yang sukses dengan bedah plastiknya? Mereka tampak lebih cantik dengan hidung yang lebih mancung, bibir yang lebih berisi, dagu bak lebah bergantung, warna kulit lebih terang, (maaf) dada dan bokong yang lebih berisi. Satu pertanyaan saja buat mereka, tidak risihkah dengan semua itu? “Mengelabui” hanya untuk mendapat pujian dan penghargaan? Mereka boleh saja berdalih dengan alasan menambah kepercayaan diri, membuat “orang terdekat” tambah sayang dan senang dengannya. Mengapa harus tak percaya diri dengan apa yang telah diberi oleh-Nya? seakan kita tidak bersyukur, tidak menerima, bahkan memprotes pemberian-Nya.

Tidak wajib bagi kita merubah apa yang ada (kecuali kondisi tertentu yang berhubungan dengan penyakit tentunya), yang wajib adalah merawat apa yang telah diberikan oleh-Nya. Merawat diri, baik inner maupun outer, baik wajah maupun tubuh, artinya kita sedang merawat dan menghargai pemberian-Nya. Dan itu salah satu bentuk bersyukur. Bagaiman cara merawatnya? Itupun tidak selalu identik dengan uang. Betapa Maha Pemurah-Nya Allah yang telah memberikan segala sesuatunya untuk kebutuhan manusia.Tidak perlu waktu khusus untuk pergi ke salon, tidak perlu anggaran besar untu ke spa/bedah plastik ataupun membeli produk-produk mahal, yang ternyata manfaatnya relatif sama dengan lainnya. Nenek moyang kita (bangsa Asia, terutama Indonesia) telah mengenal berbagai cara perawatan kulit wajah maupun tubuh dari sejak dulu, yang tentunya bersumber dari bahan-bahan alami. Lucunya, mengapa kita, sebagai bangsa Indonesia lebih percaya pada produk-produk luar negeri, yang lebih banyak berbahan kimia. Di saat kita mulai mempergunakan produk mereka dan lebih percaya bahwa kandungan kimiawi yang mereka temukan lebih baik, justru mereka sendiri mulai tertarik membuat produk perawatan kulit/kosmetik berbahan alami. Tengok saja produk-produk kecantikan bergengsi dari luar sekarang ini yang mengklaim bahwa produknya berbahan alami. Padahal ribuan tahun yang lalu kita sudah tahu, bisa dan terbiasa seperti itu. Hanya cara pengolahan saja yang berbeda tentunya.

Cara pengolahan inilah yang membuat nilai/harga produk tersebut tak terjangkau bagi banyak orang. Tapi bukan berarti kita tidak bisa merawat diri hanya karena itu. Mengapa tidak kita ikuti saja cara-cara dan resep kecantikan nenek moyang kita? Di bawah ini saya coba tampilkan beberapa resep yang saya dapatkan dari “catatan-catatan” nenek moyang.

Mengecilkan pori-pori wajah. Ambil 1 buah tomat hijau dan 1 sdt madu, lumatkan (bisa pergunakan blender), bubuhkan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air.

Masalah Pori-pori Besar. Ambil 1 buah jeruk nipis, belah dua. Gosokkan ke kulit wajah perlahan, akan akan terasa sedikit perih. Diamkan 10 menit. Lalu bilas air suam-suam kuku. Lakukan rutin seminggu 2-3 kali.

Kulit Wajah Bercahaya (Tidak kusam). Jika makan jeruk, sisihkan 3-4 bh isinya, ambil airnya atau dapat juga digosokkan langsung ke kulit wajah, diamkan 30 menit sebelum tidur. Bilas. Dapat dilakukan setiap hari/malam.

Membuat Masker Wajah untuk Melembabkan. 1 sdk makan madu (lebih baik madu alam) ditambah 1/2 sdk teh cairan/lendir lidah buaya. Campurkan dan aduk rata dalam mangkuk kecil dan oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Hindari area mata. Biarkan 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

Mengencangkan Kulit Wajah (terutama usia 30 thn ke atas). Ambil  2 sdk makan putih telur (telur ayam kampung), kocok beberapa saat, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, hindari area mata. Biarkan 15 menit. Bilas air suam-suam kuku. Lakukan 1x dalam seminggu.

Merawat kulit yang mulai muncul garis-garis halus/keriput. Sejak dulu, bangsa kita sudah memiliki tradisi minum teh. Macam-macam teh tersedia di tempat kita, diantaranya teh hijau/green tea, yang baru mereka sadari  memiliki kekuatan antiaging yg mampu membuat garis-garis halus dan keriput berkurang, jadi minumlah 1 cangkir teh hijau setiap hari, lalu lihat/rasakan perbedaannya.

Membuat lulur sendiri. Selain lebih alami, tentu saja lebih hemat. Ambil secukupnya tepung beras. Boleh dicampur sedikit susu cair, aduk kental merata. Bisa ditambahkan madu. Beri minyak, bisa zaitun atau minyak kelapa asli. Aduk rata. Dengan bahan dasar yang sama bisa juga kita tambahkan kopi bubuk, kandungan kafein-nya dapat meluruhkan lemak tubuh. Kopi diseduh dengan sedikit air panas, hingga mengental (jangan encer).

Masih banyak resep lainnya, seperti untuk melangsingkan tubuh,  mendapatkan rambut sehat dan indah, mempertahankan kesehatan tubuh (yg pada akhirnya tubuh awet muda dapat diraih …insyaAllah…), hanya pada kesempatan ini belum sempat saya tuliskan…mudah2an pada kesempatan dan tulisan yang lain saya sampaikan…

Sebagai tambahan bacaan silakan lihat:

Cara mudah untuk awet muda http://bwfitri.wordpress.com/page/3/

2 thoughts on “Cantik tak perlu mahal

  1. radeny berkata:

    Hmm….
    pantesaaannn kulkas jadi kosong :p
    semua isinya pindah ke kamar, tomat, wortel, telor, madu, susu, mentega, dll. Apa gak jadi banyak semut di kamar? hee..3x piss ah
    Tapi its okay lah ya.. yang penting jadi cantik ya gak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s